Home Industri

Desa Podosari merupakan desa paling ujung selatan di Kecamatan Cepiring, secara geografis di sebelah selatan dengan desa Pandes di Sebelah Barat Desa Gemuh Blanten di Sebelah Utara desa Botomulyo dan di sebelah timur berbatas dengan Desa Tamangede Kec. Gemu. Dari dulu Desa Podosari, terkenal sebagai pembuat dan penghasil Bata Merah hingga sekarang, pembuatan bata merah dengan menggunakan tanah sebagai bahan baku utamanya dapat dari sekitar lokasi pembuatan (linggan). Pembuatan bata merah di samping bahan baku tanah juga ada yang lain yaitu grejen atau dedak dan juga air sebagai campurannya.

Bapak Kusnadi (58 Tahun) warga RT. 02 RW. 01 adalah warga desa yang bisa membaca potensi lingkungan sekitar, semenjak tahun 2005 dengan banyaknya industri pembuatan bata merah bagi beliau untuk berperan serta dengan membuat alat pendukung pembuatan bata merah. Dengan keterampilan dan permainannya beliau membuat BRONJONG atau KERANJANG sebagai alat pengangkut lemah (tanah) atau grejen.

Bahan baku pembuatan bronjong adalah pring apus (bambu apus) yang dia beli dari tetangga desa, di karenakan sekarang di desa Podosari sudah tidak ada. Dalam satu hari beliau dapat menyelesaikan 1 buah bronjong dengan diameter 53 cm x 58 cm dengan bahan satu bambu ukuran 5 m dijual Rp.130.000.


Dipost : 2022-09-10 11:06:27 | Dilihat : 37